Kritik Negatif? Cuekin Aja!!!

Negatif
Negatif
Kritikan adalah hal lumrah yang muncul ketika kita sedang membuat sesuatu. Kadang kritiknya terdengar bagus dan mungkin agak sering yang bernada mengejek, merendahkan atau bahkan kritik yang bisa menghilangkan semangat.

Nuansa yang berbeda

Kritik negatif memiliki nuansa yang sangat bertolak belakang dengan kritikan positif. Kalau mendapatkan kritik positif, perasaan kita akan menjadi senang, sumringah dan juga bahagia. Bagaimana kalau negatif?

Rasanya agak kurang senang, apa yang sudah dibuat sepertinya tidak berguna dan hal-hal yang kurang menyenangkan lainnya. Tapi kritik negatif seperti ini harusnya tetap diterima dengan baik, namanya juga pendapat orang tidak akan semuanya enak didengar.

Beda dengan kritik membangun

Kritik negatif sama sekali berbeda dengan kritik yang membangun. Kritik membangun adalah kritik yang disampaikan dengan cara yang lebih sopan, elegan dan berisi solusi untuk menjadi lebih baik serta tidak menyakiti orang yang dikritik. Inilah yang disebut dengan kritikan positif.

Kritikan negatif mungkin pokok utamanya adalah ejekan dan tidak ada niat untuk memberikan solusi sama sekali. Jadi sesuai namanya, kritik negatif memang berisi hal-hal yang agak kurang menyenangkan.

Bagaimana menanggapinya?

Ketika menerima kritik yang seperti ini, ada baiknya kita terima saja dengan senyuman yang terpampang lebar. Jangan biarkan kritikan itu menghalangi apa yang ingin kita capai dan bila perlu ucapkan terimakasih kepada yang memberikan kritik.

Setelah itu, cobalah lihat kembali terhadap apa yang sudah kita buat. Cek poin-poin dari kritikan negatif tersebut, bagian mana yang dikritik dan buatlah perbaikan di dalamnya. Dengan ini, kritikan negatif bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

Mengapa harus dicueki?

Cuek disini maksudnya adalah tidak membiarkan kritikan negatif ini menghilangkan semangat kita untuk terus berkarya. Jika kita yakin apa yang dibuat akan bermanfaat, maka teruslah lakukan itu. Jangan biarkan nada-nada negatif mengurungkan niat kita untuk melangkah ke tempat tujuan.

Sebaliknya gunakan kritikan negatif ini untuk memperbaiki apa yang kita buat agar hasilnya lebih baik lagi. Sehingga kita pun akan bergerak dengan pasti ke tujuan yang ingin dicapai berkat kritikan negatif ini.

Dan juga jika ada kritikan positif, janganlah terlalu jumawa. Teruslah berkarya dan berkarya agar kemampuan semakin terasah dan bisa menghasilkan sesuatu yang jauh lebih baik lagi.

Kesimpulan

Kritikan negatif bisa menjadi pemicu semangat kita dalam berkarya, asalkan kita tidak dibuat hancur olehnya. Disinilah kemampuan kita diuji untuk menjadi pribadi yang semakin matang dan mampu mengolah berbagai kritik.

Salam sukses..

Post a Comment

0 Comments