Apa Saja yang Membuat Smartphone Anda Terlihat Usang?

Smartphone
Smartphone

Smartphone adalah alat komunikasi yang sudah sangat banyak dimiliki oleh berbagai kalangan. Dan tak jarang kita lihat satu orang menggunakan dua buah smartphone. Wow..

Harganya yang semakin murah dan terjangkau membuat banyak orang berminat untuk memiliki gadget yang satu ini. Selain itu, banyaknya aplikasi yang tersedia merupakan daya tarik lain bagi konsumen.

 Efek jika sering digunakan 

Namanya barang, tidak terkecuali barang elektronik seperti smartphone, jika sering digunakan maka akan mengalami masalah seperti :

  • Terlihat usang
  • Kurang menarik lagi
  • Timbul kerusakan-kerusakan.
Kejadian seperti itulah yang akan dialami jika smartphone digunakan terlalu lama. Jika sudah begitu, niat untuk membeli yang baru pun bermunculan di pikiran. Yes...

 Ciri smartphone anda sudah terlihat usang 

Diatas sudah dijelaskan bahwa jika smartphone sering digunakan dalam waktu lama akan terlihat usang. Nah bagaimana sih ciri-ciri smartphone yang sudah usang ini?

Ok, berikut adalah beberapa ciri-ciri yang bisa dilihat pada smartphone yang agak lawas :

1. Banyak lecet dan goresan

Ada bagian bodi yang lecet dan banyaknya goresan pada layar, membuat smartphone anda tidak terlihat menarik lagi. 

Dibagian sampingnya ada warna yang terkelupas dimana-mana, sehingga membuat tampilannya seperti bopeng-bopeng. 

Hal ini tentu tidak sedap dipandang dan mungkin anda akan malu ketika menggunakannya dihadapan teman-teman.

Kemudian dibagian layar juga banyak ada goresan-goresan yang terlihat dengan jelas dan membuat usap-mengusap layar menjadi tidak nyaman, seperti berkendara di jalan tidak rata.

2. Keluaran lama

Smartphone yang sudah termasuk keluaran sekitar 2 atau sampai 3 tahun yang lalu akan tampak usang. Bisa dilihat dari warnanya yang mulai kusam dan memudar.

Semakin lama umur suatu barang maka ia akan semakin tampak menua dan usang. Tampilannya tidak akan semenarik ketika baru pertama kali dibeli.

3. Tidak lancar membuka aplikasi baru

Smartphone keluaran lama akan menggunakan spesifikasi yang agak rendah dibandingkan yang sekarang. Hal ini secara langsung akan mempengaruhi performanya.

Ketika digunakan untuk membuka aplikasi baru dan agak berat, responnya sangat lama dan membutuhkan waktu lumayan panjang untuk bisa melihat tampilan layar secara penuh.

Jika sudah begini, mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk membeli lagi smartphone yang baru dan menarik .

4. Kameranya buram

Kamera yang hasilnya sudah semakin buram karena lensanya yang sudah kotor dan banyak goresan, bisa menjadi pertanda bahwa smartphone anda sudah usang.

Kamera adalah fitur penting dalam smartphone, karena orang-orang sangat senang menjeprat-jepret segala pemandangan yang ada disekitarnya.

5. Layarnya kecil

Smartphone sekarang sudah didominasi ukuran-ukuran besar dan ukuran besar ini memang sangat digemari oleh banyak pengguna.

Layar besar memberikan pandangan yang lebih lega dan enak digunakan untuk berbagai macam aktivitas seperti bermain game dan menonton video.

Smartphone layar kecil adalah smartphone yang banyak dijual pada  beberapa tahun kebelakang. Dan jika anda menggunakan smartphone ini, mungkin akan merasa bahwa tentengan kesayangannya sudah agak berumur.

 Tindakan pencegahan untuk meminimalisir usang 

Ada beberapa tindakan yang bisa dicoba agar smartphone anda tetap terlihat menarik walaupun sudah berumur beberapa tahun dan tidak terlihat usang. 

Berikut beberapa diantaranya :

a. Menggunakan screen guard dan pelindung belakang

 <=>  Screen guard

Screen guard sangat penting sekali dipakai agar layar utama anda tetap terlindung dengan baik dan mulus. Walaupun smartphone anda sudah menggunakan anti gores, gunakan saja screen guard. 

Smartphone istri saya yang sudah dilapisi anti gorespun akhirnya lecet karena tidak dilindungi dengan screen guard ini.

 <=>  Pelindung belakang (back cover)

Pelindung belakang berfungsi untuk mencegah benturan pada bodi smartphone yang bisa merusak warnanya. Selain itu pelindung belakang juga akan melindungi lensa kamera agar tidak tergores.

b. Gunakan aplikasi yang penting saja

Jangan instal banyak aplikasi jika smartphone anda spek-nya masih rendah. Hal ini akan mengakibatkan kinerjanya lambat.

Itulah dua tindakan pencegahan yang bisa dilakukan agar smartphone lebih awet dan tetap sedap dipandang walaupun sudah lama membelinya.

******************

Nah, bagaimana kondisi smartphone kesayangan anda? Masih baru atau sudah usang? 

Agar tetap terlihat baru dalam jangka waktu yang lama, anda bisa mencoba menerapkan tindakan pencegahan seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Semoga terbantu ya..

 Baca juga : 

Post a Comment

2 Comments

  1. Yah iya juga sih mas.. pake aja terus sampai lupa sama kebersihan smartphone.. agar lecet pada layar gimana yah? apa pake anti gores yg hitam ato putih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake antigores sih tergantung selera mas dindin..
      kalo saya lebih senang yang putih, tampilan masih jelas..

      Delete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)