Coba Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Berhutang



Bagi sebagain orang, berhutang adalah sesuatu yang sangat menakutkan dan sangat perlu untuk dihindari. Tapi bagi yang lain, hutang merupakan penolong mereka untuk lebih maju dengan usaha mereka.

Mungkin dalam hidup ini, hutang sangat tidak mungkin kita hindari baik dalam jumlah kecil maupun besar.

Beberapa alasan berhutang, terutama dalam jumlah besar antara lain :

  • Membeli rumah
  • Membeli mobil
  • Modal kerja
  • Untuk investasi, misalnya tanah
  • Dan lainnya.


Tapi jangan terburu-buru dulu
Ketika harus meminjam uang dalam jumlah yang besar dan pelunasannya dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya anda harus memperhatikan hal-hal di bawah ini.

Ini adalah beberapa hal yang bisa saya bagikan kepada anda, berbekal dari pengalaman saya berhutang juga.

1. Pastikan kebutuhan bulanan cukup
Cicilan hutang akan dibayarkan setiap bulan dan uangnya tentu saja berasal dari penghasilan atau gaji anda setiap bulannya.

Cobalah cek berapa kebutuhan hidup bulanan anda bersama keluarga. Pastikan gaji anda cukup dulu untuk itu, tapi anda harus membaca yang kedua di bawah ini sebelum menentukan besarnya hutang yang bisa dicicil.
(Baca juga : Yuk simak kebutuhan manusia di jaman modern)


2. Pastikan bisa menabung
Tabungan sangat perlu untuk dana cadangan ketika anda ada kebutuhan mendadak. Usahakan tabungan 10% dari gaji anda. Lebih banyak lebih bagus.

Setelah poin pertama dan kedua ini terpenuhi, barulah anda tahu berapa besarnya hutang yang bisa anda tanggung. Dan pastikan bahwa hutang tersebut bisa anda lunasi setiap bulannya dengan aman.


3. Cari pendanaan dengan bunga bersaing
Anda patut untuk mencari sumber pendanaan dengan bunga yang sangat ringan, karena semakin kecil bunga makan cicilan per bulan akan semakin menyusut jumlahnya.

Coba deh untuk survei dulu ke berbagai tempat atau bisa menanyakan kepada teman-teman anda yang sudah malang melintang di dunia perhutangan. Dari sana anda bisa mendapatkan informasi, kira-kira tempat mana yang akan anda cari.

Sayapun berhasil mendapatkan pinjaman dengan bunga yang sangat meringankan sehingga saya bisa mulai pembangunan rumah yang ditempati sekarang ini. Tentu saja jumlahnya sudah memperhitungkan poin pertama dan kedua tadi.
(Baca juga : Rejeki memang harus selalu disyukuri)


4. Harus siap berhemat
Jika anda sudah memutuskan untuk berhutang, maka andapun harus siap berhemat dan tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Simpan uang anda sebanyak mungkin yang anda bisa dan mulai kurangi kebiasaan yang cepat menguras uang. Semisal :

  • Sering makan di luar
  • Menonton film dibioskop
  • Sering ke minimarket
  • Sering nongkrong dan sebagainya.
Dengan menghilangkan kebiasaan yang boros, andapun akan mendapatkan uang tambahan yang bisa meningkatkan ketersediaan uang setiap bulannya.
(Baca juga : Aktivitas di rumah ini mampu menghemat uang bulanan anda)


#berkaitan dengan gaya hidup
Gaya hidup anda sekarang adalah gaya hidup yang hemat dan bisa mengendalikan diri dengan uang yang dimiliki. Ini sangat penting sekali agar nanti anda tidak kelimpungan mencari uang untuk membayar cicilan.

Misalnya sekarang anda sudah mencicil utang setiap bulannya dan ternyata dengan mengurangi gaya hidup yang boros itu, anda berhasil mengumpulkan uang dalam jumlah yang lumayan.

Nah uang hasil penghematan ini bisa digunakan sebagai tambahan tabungan setiap bulan agar jumlahnya semakin meningkat walaupun disaat yang sama anda juga membayar hutang.


5. Mencari pekerjaan sampingan
Untuk menambah persediaan uang setiap bulannya ketika anda sudah mencicil, mungkin anda perlu mempertimbangkan untuk mencari penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan ini bisa anda dapatkan dengan pekerjaan sampingan disamping pekerjaan utama yang sudah dilakoni. Misalnya :

  • Menjual pakaian online
  • Mengambil job foto-foto
  • Jualan pulsa
  • Atau mungkin dengan nge-blog
Uang hasil usaha sampingan ini bisa menambah persediaan uang bulanan yang tentunya semakin membuat dompet dan nafas lebih lega lagi.
(Baca juga : Asyik.. Penghasilannya 100 juta lebih sebulan)



Pengalaman saya pribadi
Kelima pertimbangan di atas adalah pengalaman yang saya lakukan dan alami ketika sudah memutuskan berhutang dan tanpa terlalu membebani keuangan setiap bulannya.

Terus, mengapa saya berani berhutang?

  • Karena saya sudah berhasil melalui poin pertama dan kedua
  • Saya mendapatkan penghasilan tambahan dari nge-blog
  • Saya bisa mencicil hutang setiap bulan dengan lancar
  • Dan karena saya sangat memerlukan rumah untuk tempat tinggal sedangkan tidak punya uang cukup untuk membangunnya.
Jadi sayapun berani memutuskan untuk berhutang setelah mempertimbangkan kelima hal diatas dan akhirnya rumah sayapun sudah berhasil berdiri dengan tegaknya...

Nah semoga membantu..


Post a Comment

2 Comments

  1. Berani berhutang berarti harus sudah tahu darimana akan melunasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mbak,, biar ga bingung nyari uang pas mau bayarnya...
      hahahaha...

      Delete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)