Aktivitas di Rumah Ini Mampu Menghemat Uang Anda

hemat pilihanku


Hemat adalah slogan yang sering anda dengar kan? Karena dengan berhemat, maka anda akan bisa mempunyai uang berlebih yang bisa disimpan dalam bentuk lain berupa tabungan.

Manfaat tabungan sendiri sangat banyak tentunya dan uang yang tersimpan disana akan sangat membantu anda jika tiba-tiba harus menggunakan uang untuk keperluan tertentu.


Penghematan kecil dari rumah
Sadar atau tidak sadar, sebenarnya kita bisa melakukan beberapa penghematan kecil namun efeknya bisa besar terhadap tabungan yang kita punya.

Dan beberapa aktivitas rumah berikut ini bisa menghemat uang dalam dompet sehingga tidak mudah berpindah begitu saja ke dompet orang lain.

1. Mencuci sendiri
Misalkan jika anda mencuci pakaian seminggu 2x dan itu dilakukan di rumah, ini jauh lebih hemat jika harus mencucinya di tempat cuci pakaian atau laundry.

Jika misalnya sekali cuci di laundry anda memboroskan uang 20ribu, berati dalam seminggu sudah 40ribu. Kalau sebulan berapa hayo???
Lumayan kan dapat penghematan jika mencucinya bisa dilakukan di rumah??


Yuk sambil olahraga sedikit!!


Lagian jika mencuci di rumah sendiri, kita bisa mendapatkan manfaat lain yang tak kalah bagusnya, yaitu olahraga otot tangan. Betul tidak?

2. Gemar masakan rumah
Ini adalah salah satu kegiatan pemboros uang jika gemar membeli makan di warung atau bahkan restoran. Dalam sehari uang yang dihabiskan bisa banyak lho jumlahnya.


Lebih sehat dan murah


Jika anda memang bekerja di tempat lain, cobalah untuk membawa bekal dari rumah. Selain lebih sehat, tentunya juga lebih hemat kan?

3. Cuci motor sendiri
Hal ini sama dengan mencuci pakaian sendiri. Bermodal shampoo motor plus gosokan maut tangan anda, motorpun tampil kinclong kembali.

Sayangkan uangnya dipindahtangankan gara-gara malas mencuci motor sendiri dan lebih memilih untuk memberikannya ke tukang cuci motor??

4. Menanam tanaman dapur di halaman
Maksudnya disini adalah tanaman yang berhubungan dengan kegiatan dapur untuk ibu-ibu, apalagi kalau bukan memasak.

Contoh tanaman yang bisa di tanam antara lain :'
  • Cabai
  • Sereh
  • Lengkuas
  • Kunyit dan lainnya.

Bahkan hanya dengan menanam cabai dan sereh di rumah, istri saya menjadi jarang membeli bumbu-bumbu dapur ini dan tentunya lebih hemat dan sehat. Karena tanaman tersebut ditumbuhkan dengan cara yang super organik.

5. Matikan alat elektronik jika tidak dipakai
Sering kan anda menghidupakan televisi tapi dia-nya malah ngomel sendiri tanpa ada yang menonton? 

Ini adalah wujud lain dari boros, kalau memang tidak ditonton matikan saja televisi.

Lumayan bisa menghemat listrik bulanan di rumah dan tentunya bisa membuat nafas lebih lega karena pengeluaran tidak banyak.


Mudah bukan?
Nah dari 5 aktivitas tersebut, anda bisa memperoleh penghematan yang signifikan. Apalagi jika penghematan dari kelimanya digabung dan rajin dilakukan, uang di tabungan bisa dipastikan semakin menumpuk tuh..

Setuju??


Baca juga ya : 
  1. Pentingnya hemat listrik dalam rumah tangga
  2. Asyiikkk.. penghasilannya 100 juta sebulan..

Post a Comment

0 Comments