Harapan Sederhana Orang Tua yang Sering Diabaikan Anaknya

simple hope


Kewajiban sebagai seorang anak sangatlah banyak terhadap orang tua dan orang tua mana yang tidak senang jika anaknya mampu melakukan itu.

Tapi sekarang saya sangat sering melihat anak-anak yang dengan entengnya melalaikan tugas kewajiban tersebut tanpa ada rasa bersalah sama sekali. Ini terjadi dilingkungan sekitar saya dan andapun mungkin pernah melihatnya juga.



Orang tua sudah taat
Dalam kasus ini, saya ingin menceritakan bahwa orang tua sudah sangat taat dengan kewajiban yang harus mereka emban kepada anaknya.

Tapi sayang sang anak malah tidak perduli sama sekali dan lebih mementingkan kesenangan pribadi saja sambil terus menuntut dibelikan gadget mahal, game dengan harga selangit dan sebagainya.

Orangtuanya pun sampai menangis dihadapan saya ketika menceritakan hal ini. Dimana anaknya berjanji akan rajin jika sudah dibelikan handphone baru, tapi ketika sudah dibelikan prestasi malasnya malah tambah meroket.



Inilah harapan sederhana mereka
Sebagai orang tua tentu sangat ingin membahagiakan anaknya dan itu mereka lakukan dengan memenuhi kebutuhan sang anak. Tapi ada beberapa anak yang ternyata tidak mau membalas jasa orang tua mereka.

Padahal orang tua tidak menuntut banyak, hanya berharap sang anak mau melakukan tugas sederhana ini saja.


1. Belajar dan membaca
Jika melihat anaknya rajin belajar dan membaca, orang tuapun sangat senang dibuatnya. Karena dengan rajin belajar, maka sang anak akan mendapatkan bekal banyak dalam hidupnya nanti.

Terus ditambah lagi dengan rajin membaca berbagai sumber informasi, baik dari koran atau majalah. Maka hal ini akan semakin memperkaya wawasan dan membuka pikiran mereka lebih luas lagi.
(Baca juga : Manfaat internet bagi para pelajar)

2. Sedikit rajin di rumah
Kewajiban anak di rumah bukan hanya belajar saja dan ada tugas untuk sedikit membantu orang tua di rumah tangga. Tentu tidak mencari nafkah untuk keluarga.
Misalnya :

  • Membersihkan dan merapikan kamar sendiri
  • Mencuci baju sendiri
  • Menyapu dan membersihkan rumah
  • Jika ada perabotan kotor di dapur, cucilah dengan segera.
  • Plus bersikap sopan kepada semua anggota keluarga dan tamu yang datang

Hanya cukup melakukan 2 hal diatas
Dengan bermodalkan 2 tugas diatas, saya yakin orang tua di rumah pasti akan sangat senang melihat perkembangan anaknya dan merasa bangga juga karena mempunyai anak yang rajin.

Dengan cara inilah, anak-anak bisa membuat orang tua tersenyum bahagia dan membuat mereka tenang bekerja mencari uang.



"Orang tua tidak 
khawatir dalam bekerja lagi"



Mengapa? Karena mereka tidak perlu khawatir memikirkan anaknya secara berlebihan berkat kesigapan sang anak dalam menjalankan tugas yang seharusnya dikerjakan.

Menjadi anak yang baik itu banyak untungnya, seperti :

  • Menjadi dewasa dalam pemikiran
  • Tidak hanya mementingkan diri sendiri
  • Membuar orang tua senang dan bahagia
  • Dan yang terpenting membuat orang tua tenang dalam bekerja.
Jadi energi orang tua tidak dihabiskan untuk menelpun dan mencari anaknya yang tidak pulang-pulang dari sekolah serta sering mendapat laporan bahwa anaknya bolos dan rajin nongkrong di luar sekolah saat jam pelajaran.

Bagaimana, apakah anda setuju dengan saya?



Post a Comment

0 Comments