Ingin Pintar? Conteklah Semangat Bermain Game

"Aduh... Kok kalah lagi nih.."
"Ulang ah"

Itulah yang pastinya banyak orang lakukan ketika senyum kegagalan muncul  saat bermain game.



Rasanya hanya ingin menang dan menang..

Tidak boleh ada cerita yang namanya kalah.
No way..

Namun apa daya, kekalahan dalam suatu permainan adalah takdir yang harus dialami oleh setiap pemainnya.


Belajarpun sama

Lupa, tidak hafal-hafal, tidak mengerti, bingung, galau..

Itu adalah deretan hal-hal negatif yang pasti dialami ketika belajar.

Apalagi matematika..
Hmmmm...

Pasti banyak yang mengeluhkan soal yang susah, tidak mengerti dan bahkan mengapa harus ada rumusnya.

Jika anda semangat, hal seperti ini memang wajar terjadi dan bukan merupakan benteng penghalang.

Cobalah tengok semangat main game.
Ketika gagal sekali, maka berhentilah untuk mengeluh, ulang lagi dan lagi.

Masih ga mengerti?

Tanyakan kepada ahlinya, seperti guru atau kakak kelas atau orang lain yang ahli di dalamnya.

Gabungan semangat yang selalu membara ini dengan ketidaktahumaluan dalam bertanya, akan menjadi kombinasi yang mematikan lho..

Galau, tidak mengerti, susah, pasti kabur deh..

Susah menghafal

Hafalan adalah salah satu bentuk pembelajaran yang sangat umum dijumpai pada pelajaran biologi atau IPS.

Apalagi biologi, harus menghafalkan banyak nama-nama bagian tubuh, tulang, alat pernafasan, alat pencernaan dan masih banyak lainnya.

Gimana caranya?

Mudah..

Cobalah baca bagian yang susah tersebut berulang-ulang.
Ulang dan ulang lagi..

Terus ulangi lagi dan lagi..

Baca saja dengan santai.

Ketika hal ini berhasil dilakukan, apa yang sudah dibaca dengan berulang tadi akan dengan sendirinya nempel si otak.

Anda tidak perlu susah- susah menghafalnya.

Jadi, ketika ada bagian pelajaran yang membutuhkan hafalan, cobalah untuk lebih sering membacanya.

Ulang dan ulang lagi layaknya ketika ingin mendapatkan kemenangan dalam suatu game.
Ketika kalah, anda pasti akan mengulangnya kan?

Itulah semangat yang harus ditiru ketika mencoba menghafalkan atau belajar akan sesuatu.

Gagal itu wajar

Yap..
Gagal adalah hal yang wajar..

Gagal itu adalah takdir..

Takdir yang harus dialami oleh mereka yang mempunyai semangat ingin menemukan sesuatu yang baru.



Sesuatu tersebut akan segera muncul dihadapan jika kegagalan itu dimaknai sebagai proses belajar untuk kemudian diperbaiki.

Perbaikan itu harus dilakukan agar kegagalan yang sama tidak berulang, sehingga hasil yang diharapkanpun diraih.

Gampang sekali kan ngomongnya?

Betul..

Tapi saya tidak hanya asal ngomong saja lho.. Hal ini sudah dibuktikan dengan sangat jelas sejelas-jelasnya dalam hidup saya.

Dulu saya sangat ingin bisa bekerja dari rumah saja tanpa perlu kemana-mana..

Dan akhirnya sayapun tidak tahu apa yang harus dilakukan. 

Karena saya terus memikirkan hal tersebut, akhirnya tidak sengaja menemukan yang namanya blog. Sayapun mulai rajin mengupdate isinya.

Bahkan ketika baru menulis satu artikel saja, blog saya belum mendapatkan pengunjung sama sekali. Apakah saya menyerah?

Iya, saya menyerahkan semuanya kepada Tuhan sembari terus menulis dan menulis. Artikel lambat laut menumpuk di blog.

Hasilnya apa?

Pengunjung naik dan peluang untuk mulai mengeruk uang dari blog sudah terbuka. Sekarang sih penghasilannya masih sedikit.

Tapi setidaknya saya berhasil membuktikan bahwa, ketika kita semangat dan tidak pantang menyerah dalam melakukan apa yang dicintai, kita pasti mendapatkan manfaat yang positif.

Dan sekarang, sayapun merasa lebih pintar dalam urusan bloging.

Mengapa lebih pintar?
  • Dulu saya tidak tahu cara membuat blog, sekarang saya bisa
  • Dulu saya tidak bisa menulis, sekarang saya lebih jago
  • Dulu saya tidak pintar merangkai kata, sekarang gampang.
Nah..
Semangat membara membuat kita jauh lebih pintar lho...

Ayo, jangan bermain game saja yang semangat!!
Dalam segala halpun kita harus semangat....


Post a Comment

0 Comments